Kamis, 06 September 2012

Apa si itu Sistem Medis.?


1.      SISTEM MEDIS

Variasi dan unifasi
Di masyarakat kita bahkan didunia global seperti ini, praktek layanan kesehatan sudah cepat berkembang. Dengan mencermati apa yang sedang terjadi hari ini, kita hamper sepakat bahwa sudah terdapat variasi sistem medis yang berkembang didunia.Keanekaragaman sistem medis
dapat merujuk pada sistem medis modern, tradisional dan yang berbasiskan pada nilai-nilai agama atau nilai budaya.
Dalam ilmu sosial sudah banyak yang berusaha menjelaskan istilah sistem,berikut beberapa tokoh yang mengemukakan pendapat mengenai system :

1.      Tatang M. Amirin (1984: 1)
Yaitu sistem berasal dari bahasa Yunani, Systema yang mengandung makna:
a.       Suatu keseluruhan yang tersusun dari sekian banyak bagian,
b.      Hubungan yang berlangsung antara kesatuan-kestuan atau komponenen secara teratur,
2.      Djekky R. Djoht
Sistem adalah agresi atau pengelompokan obyek-obyek yang dipersatukan oleh beberapa bentuk interaksi yang tetap atau saling tergantung,sekelompok unit yang berbeda, yang dikombinasikan sedemikian rupa oleh alam atau seni sehingga membentuk suatu keseluruhan yang integral dan berfungsi, beroperasi atau bergerak dalam satu kesatuan.
3.      Umar Fahmi Achmadi (2005:57)
Sistem adalah tatanan yang menggambarkan adanya rangkaian berbagai komponen yang memiliki hubungan serta tujuan bersama secara serasi,terkoordinasi yang bekerja atau berjalan dalam jangka waktu tertentu dan terencana.
Pandangan yang lain mengatakan bahwa pengertian sistem dapat dibedakan kedalam dua makna, yaitu:
a.       Sistem sebagai suatu atau benda yang terdiri atas sejumlah bagian yang memiliki tata cara atau susunan tertentu,
b.      Sistem sebagai sebuah rencana, metode, alat, atau tata cara untuk mencapai sesuatu.
Sebagai sebuah sistem, sistem medis merupakan sub-sistem dari sistem sosial yang lebih luas. Kehadiran sistem medis ada dalam bingkai sistem sosial dan tidak bisa dipisahkan dari sistem sosial kemasyarakatan yang lainnya. Dalam konteks ini, maka sistem medis merupakan salah satu lembaga sosial yang memiliki fungsi untuk memenuhi satu aspek kebutuhan manusia pada umumnya.

0 komentar:

Posting Komentar