Kamis, 06 September 2012

Macam-macam Logika'.


Beberapa Macam-macam logika

Logika alamiah

Logika alamiah adalah kinerja akal budi manusia yang berpikir secara tepat dan lurus sebelum dipengaruhi oleh keinginan-keinginan dan kecenderungan
-kecenderungan yang subyektif. Kemampuan logika alamiah manusia ada sejak lahir.

[sunting] Logika ilmiah

 




Logika ilmiah memperhalus, mempertajam pikiran serta akal budi.
Logika ilmiah menjadi ilmu khusus yang merumuskan azas-azas yang harus ditepati dalam setiap pemikiran. Berkat pertolongan logika ilmiah inilah akal budi dapat bekerja dengan lebih tepat, lebih teliti, lebih mudah dan lebih aman. Logika ilmiah dimaksudkan untuk menghindarkan kesesatan atau, paling tidak, dikurangi.
LOGIKA ARISTOTLE (384-322 SM)
(Sejarah, Pengertian dan Model Konstruksinya)
=======================================
Achmad Khudori Soleh**
Logika Aristoteles mempunyai pengaruh sangat besar dalam sejarah intelektual umat manusia. Buku-buku pegangan tentang logika -- tradisional-- sebagian besar diisi dengan logika ini, dan tidak ada satupun jenis pengetahuan yang tidak bersentuhan logika yang ditemukan Aristoteles ini, sehingga Immanuel Kant (1724-1804 M) pernah menyatakan bahwa selama 20 abad lebih, logika Aristoteles tidak tergoyahkan dan ia tetap menjadi tonggak dan pondasi pengetahuan ilmiah manusia.1
Tulisan ini membahas pengertian logika, objek pembahasan dan model konstruksinya, ditambah uraian tentang riwayat hidup Aristoteles sendiri, kondisi sosial yang melingkupi, sejarah perkembangan logikanya, kemudian ditutup dengan tanggapan tentangnya.
Logika Matematika adalah cabang ilmu dari matematika yang akan mengajarkan kita bagaimana cara berfikir kritis dan tepat, menurut siswa dalam pelajaran logika matematika ini ada yang merasa enteng dalam mengerjakan beberapa soal yang terdapat pada logika matematika dan ada juga yang merasa membingungkan karena soal yang notabene berupa kalimat yang  "membingungkan".


0 komentar:

Posting Komentar